PENDAHULUAN
¨ Hasil
Kegiatan
¤ Meningkatnya
pemahaman implementasi pembelajaran saintifik dan penilaian autentik
¤ Memperoleh
masukan dan perbaikan 19 naskah pendukung mata pelajaran
¤ Membuat
analisis kompetensi untuk mengembangkan RPP
¨ Mekanisme
¤ Penjelasan
dan diskusi teknis
¤ Telaah
19 naskah pendukung mata pelajaran
¤ Kerja
individu membuat analisis kompetensi
TUJUAN NASKAH 19 MATA
PELAJARAN
Tujuan Umum: membantu
guru mata pelajaran dalam
mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan memafa-atkan buku sumber yang ada.
Tujuan Khusus: Memberikan rambu-rambu bagi guru dalam
menganalisis kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam
¨ Mengembangkan
materi pembelajaran berdasarkan materi pokok dari silabus mata pelajaran
¨ Mengembangkan
kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
¨ Mengembangkan
indikator pencapaian dan penilaian
¨ Merancang
penilaian otentik
PENGERTIAN
¨ Pembelajaran
saintifik merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam
membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Model pembelajaran yang diperlukan
adalah yang memungkinkan terbudayakannya kecakapan berpikir sains,
terkembangkannya “sense of inquiry” dan kemampuan berpikir kreatif siswa
(Alfred De Vito, 1989)
¨ Untuk memperkuat pendekatan ilmiah
(scientific), tematik terpadu
(tematik antarmata pelajaran), dan tematik
(dalam suatu mata
pelajaran) perlu diterapkan
pembelajaran berbasis
penyingkapan/ penelitian
(discovery/inquiry
learning). Untuk mendorong
kemampuan peserta didik untuk
menghasilkan karya kontekstual, baik
individual maupun kelompok
maka sangat disarankan
menggunakan pendekatan
pembelajaran yang menghasilkan
karya berbasis pemecahan masalah(project based learning).
(Permendikbud No 65/2013)
¨ Identifikasi
Pembelajaran Saintifik:
¤ Muatan
Materi Pembelajaran (Pengetahuan)
¤ Langkah
pembelajaran,
FOKUS UTAMA
¨ Dimensi
Pengetahuan
¨ Lintasan
perolehan untuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan
¨ Langkah
pembelajaran (sintak 5M, model pembelajaran)
¨ Penilain
autentik
DIMENSI PENGETAHUAN
¨
¨ Fakta,
yaitu kejadian atau peristiwa yang dapat dilihat, didengar, dibaca, disentuh,
atau diamati
¨ Konsep,
merupakan ide yang mempersatukan fakta-fakta atau dengan kata lain konsep
merupakan suatu penghubung antara fakta-fakta yang saling berhubungan
¨ Prinsip,
merupakan generalisasi tentang hubungan antara konsep-konsep yang berkaiatan.
¨ Prosedur,
merupakan sederatan langkah yang bertahap dan sistematis dalam menerapkan
prinsip
LINTAS PEROLEHAN (PROSES PSIKOLOGI)
LANGKAH PEMBELAJARAN SAINTIFIK
AKTIFITAS PEMBELAJARAN
KETERKAITAN MATERI DAN KEGIATAN
PENILAIAN AUTENTIK
¨ Penilaian otentik adalah penilaian yang
mengharuskan siswa untuk menunjukkan pengetahuan (knowledge), sikap (afective),
keterampilan (skills) dan kemampuannya (ability) dalam situasi yang nyata /real life
situations (Popham, 1995; Bookhart, 2001).
¨ Penilaian otentik merupakan penilaian yang
dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses,dan
keluaran (output) pembelajaran. (Permendikbud No 66/2013)
PENILAIAN SIKAP
¨ Dilakukan
melalui pengamatan, penilaian diri, penllaian antar-teman, dan jurnal
¨ Pengamatan
sikap perlu dijabarkan aspek sikap yang diamati sesuai dengan kegiatan yang
dilakukan dan disiapkan kriteria penilaian atau rubrik
¨ Penilaian
diri dan antar-teman untuk menggali kelebihan atau kekurangan siswa
¨ Jurnal
sikap memuat catatan sikap di kelas maupun di luar kelas berkaitann dengan
sikap dan prilaku
¨ Rekap
penilaian sikap dilaporkan kepada wali kelas menjadi bahan penilaian akhir
tentang sikap
PENILAIAN PENGETAHUAN
¨ Dilakukan
melalui tes (tertulis/lisan) dan penugasan (nontes)
¨ Tes
tertulis/lisan dikembangkan berdasarkan indikator
¨ Tes
tertulis dilakukan melalui UH, UTS, UAS dalam bentuk pilihan (BS, PG, dll) isian,
atau uraian
¨ Penugasan
berupa pekerjaan rumah baik individu atau kelompok, dirinci dengan aspek
penilaian berikut kriteria penilaian atau rubrik
PENILAIAN KETERAMPILAN
¨ Dilakukan
melalui tes praktik, proyek, dan/atau portofolio
¨ Tes
praktik menilaian keterampilan konkrit yang menuntut respon aktivitas atau
perilaku sesuai kompetensi
¨ Penilain
proyek mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis/lisan,
atau bentuk lain
¨ Penilaian
portofolio mencakup seluruh karya siswa dalam periode tertentu
PROSEDUR ANALISIS
HASIL ANALISIS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar