TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Perangkat Sekolah
Sekolah sebagai lembaga pendidikan sudah tentu
dituntut profesionalisme yang tinggi atas seluruh kinerja perangkat sekolah
yang ada. Rambu-rambu yang diberikan sebagai petunjuk pelaksanaan tugas dimaksudkan
untuk memudahkan seluruh perangkat sekolah dalam memainkan perannya sesuai
tanggungjawab masing-masing bagian, sehingga tidak terjadi overtaking atas bidang pekerjaan yang bukan masuk dalam wilayah tugasnya.
Dengan cara demikian fungsi kontrol juga akan menjadi lebih mudah, sebab Tugas
Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) dapat sekaligus digunakan sebagai salah satu
komponen barometer penilaian kinerja yang bersangkutan.
I.
TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH
Kepala Sekolah sesuai dengan lima (5)
kompetensi yang harus dimiliki, yakni: (1) Kepribadian, (2) Kewirausahaan, (3)
Manajerial, (Supervisi), dan (5) Sosial, berkewajiban memikul tanggungjawab mengelola
penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Secara lebih
operasional tugas pokok kepala sekolah mencakup kegiatan menggali dan
mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah secara terpadu dalam kerangka
pencapaian tujuan sekolah secara efektif dan efisien.
FUNGSI
1.Pendidik
Sebagai pendidik,
kepala sekolah melaksanakan kegiatan perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi
pembelajaran. Kegiatan perencanaan menuntut kapabilitas dalam menyusun
perangkat-perangkat pembelajaran; kegiatan pengelolaan mengharuskan kemampuan
memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien; dan
kegiatan mengevaluasi mencerminkan kapabilitas dalam memilih metode evaluasi
yang tepat dan dalam memberikan tindak lanjut yang diperlukan terutama bagi
perbaikan pembelajaran. Sebagai pendidik, kepala sekolah juga berfungsi
membimbing siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya.
2.Pemimpin
Sebagai pemimpin,
kepala sekolah berfungsi menggerakkan semua potensi sekolah, khususnya tenaga
guru dan tenaga kependidikan bagi pencapaian tujuan sekolah. Dalam upaya
menggerakkan potensi tersebut, kepala sekolah dituntut menerapkan
prinsip-prinsip dan metode-metode kepemimpinan yang sesuai dengan mengedepankan
keteladanan, pemotivasian, dan pemberdayaan staf.
3.Pengelola (manajer).
Sebagai pengelola,
kepala sekolah secara operasional melaksanakan pengelolaan kurikulum, peserta
didik, ketenagaan, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah-masyarakat,
dan ketatausahaan sekolah. Semua kegiatan-kegiatan operasional tersebut
dilakukan melalui oleh seperangkat prosedur kerja berikut: perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan, dan pengawasan. Berdasarkan tantangan yang dihadapi sekolah, maka
sebagai pemimpin, kepala sekolah melaksanakan pendekatan-pendekatan baru dalam
rangka meningkatkan kapasitas sekolah.
4.Administrator.
Dalam pengertian
yang luas, kepala sekolah merupakan pengambil kebijakan tertinggi di
sekolahnya. Sebagai pengambil kebijakan, kepala sekolah melakukan analisis
lingkungan (politik, ekonomi, dan sosial-budaya) secara cermat dan menyusun
strategi dalam melakukan perubahan dan perbaikan sekolahnya. Dalam pengertian
yang sempit, kepala sekolah merupakan penanggung-jawab kegiatan administrasi
ketatausahaan sekolah dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
5.Wirausahawan.
Sebagai
wirausahawan, kepala sekolah berfungsi sebagai inspirator bagi munculnya
ide-ide kreatif dan inovatif dalam mengelola sekolah. Ide-ide kreatif
diperlukan terutama karena sekolah memiliki keterbatasan sumber daya keuangan
dan pada saat yang sama memiliki kelebihan dari sisi potensi baik internal maupun
lingkungan, terutama yang bersumber dari masyarakat maupun dari pemerintah
setempat.
6. Pencipta Iklim Kerja.
Sebagai pencipta
iklim kerja, kepala sekolah berfungsi sebagai katalisator bagi meningkatnya
semangat kerja guru. Kepala sekolah perlu mendorong guru dan tenaga
kependidikan lainnya dalam bekerja di bawah atmosfir kerja yang sehat. Atmosfir
kerja yang sehat memberikan dorongan bagi semua staf untuk bekerjasama dalam
mencapai tujuan sekolah.
7. Penyelia (Supervisor).
Berkaitan dengan
fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pengajaran, kepala sekolah berfungsi
melakukan pembinaan professional kepada guru dan tenaga kependidikan. Untuk itu
kepala sekolah melakukan kegiatan-kegiatan pemantauan atau observasi kelas,
melakukan pertemuan-pertemuan guna memberikan pengarahan teknis kepada guru dan
staf memberikan solusi bagi permasalahan pembelajaran yang dialami guru.
Dalam
mengaplikasikan fungsinya sebagai Edukator, Manager, Administrator, Supervisor,
Leader, Inovator dan Motivator (EMASLIM), maka Kepala Sekolah berkewajiban
melaksanakan tugas-tugas pokoknya sebagai berikut:
A.
Selaku Edukator bertugas:
Melaksanakan
proses pengajaran secara efektif dan efisien.
B.
Selaku Manajer bertugas:
1. Menyusun
perencanaan (Rencana Kerja Sekolah dan Rencana Kegiatan & Anggaran Sekolah)
2. Mengorganisasikan kegiatan
3. Mengarahkan/mengendalikan kegiatan
4. Mengkoordinasikan kegiatan
5. Melaksanakan pengawasan
6. Menentukan kebijaksanaan
7. Mengadakan rapat mengambil keputusan
8. Mengatur proses belajar mengajar
9. Mengatur administrasi Ketatausahaan,
Kesiswaan, Ketenagaan, Sarana prasarana,
Keuangan
C.
Selaku Administrator bertugas mengelola:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan dan pengendalian
4. Pengkoordinasian
5. Pengawasan
6. Evaluasi
7. Kurikulum
8. Kesiswaan
9. Ketatausahaan
10. Ketenagaan
11. Kantor
12. Keuangan
13. Perpustakaan
14. Laboratorium
15. Ruang keterampilan – kesenian
16. Bimbingan konseling
17. UKS
18. OSIS
19. Serbaguna
20. Media pembelajaran
21. Gudang
22. 7K
23. Sarana / prasarana dan perlengkapan lainnya
D. Selaku Supervisor bertugas melakukan
supervisi terhadap:
1. Proses belajar mengajar
2. Kegiatan bimbingan
3. Kegiatan ekstrakulikuler
4. Kegiatan kerja sama dengan masyarakat /
instansi lain
5. Kegiatan ketatausahaan
6. Sarana dan prasarana
7. Kegiatan OSIS
8. Kegiatan 7K
9. Perpustakaan
10. Laboratorium
11. Kantin / warung sekolah
12. Koperasi sekolah
13. Kehadiran guru, pegawai, dan siswa
II. TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH SECARA UMUM
1. Membantu tugas Kepala Sekolah sesuai dengan tugas
bidangnya
2. Mewakili Kepala Sekolah bila berhalangan
2. Mewakili Kepala Sekolah bila berhalangan
2.1 TUGAS POKOK
DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG KURIKULUM
1) Menyusun
program pengajaran (Program Tahunan dan Semester)
2) Menyusun
Kalender Pendidikan
3) Menyusun
SK pembagian tugas mengajar guru dan tugas tambahan lainnya
4) Menyusun jadwal
pelajaran
5) Menyusun
Program dan jadwal Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah/Nasional
6) Menyusun
kriteria dan persyaratan siswa untuk naik kelas/tidak, serta lulus/tidak siswa
yang mengikuti ujian
7) Menyusun
jadwal penerimaan buku laporan pendidikan (Raport) dan penerimaan STTB/Ijasah
dan STK
8) Menyediakan
silabus seluruh mata pelajaran dan contoh format RPP
9) Menyediakan
agenda kelas, agenda piket, surat izin masuk/keluar, agenda guru (yang berisi: jadwal pelajaran, kontrak
belajar dengan siswa, absensi siswa, form catatan pertemuan dan materi guru,
daftar nilai,
dan form home visit)
10)
Penyusunan program KBM dan analisis mata
pelajaran
11) Menyediakan dan memeriksa daftar hadir guru
12) Memeriksa program satuan pembelajaran guru
13)
Mengatasi hambatan terhadap KBM
14) Mengatur
penyediaan kelengkapan sarana guru dalam KBM (kapur tulis, spidol dan isi
tintanya, penghapus papan tulis, daftar absensi siswa, daftar nilai siswa,
dsb.)
15) Mengkoordinasikan
pelaksanaan KBM dan laporan pelaksanaan KBM
16) Mengkoordinasikan
dan mengarahkan penyusunan satuan Pelajaran
17) Menyusun laporan pelaksanaan pelajaran secara berkala
Berbagai macam administrasi yang menjadi tugas dan
tanggungjawab bidang kurikulum:
Administrasi Kurikulum
§
Kalender Pendidikan
§
Buku Kurikulum (1 – 2) / GBPP
§
Buku Pedoman Program Pembelajaran
§
Buku Pedoman Penilaian
§
Buku Pedoman Analisis Hasil Evaluasi Belajar
§
Buku Pedoman Analisis Butir Soal
§
Membuat Surat Keputusan Pembagian Tugas dan Jadwal
Pelajaran
§
Membuat Surat Keputusan Panitian Ulangan dan Ujian
§
Melakukan Pengarsipan Naskah Soal :
§
Ulangan Harian
§
Semester
§
Ujian Nasional
§
Membuat Daftar Nilai Siswa
§
Membuat Daftar Hadir Siswa
§
Membuat Rekapitulasi Nilai Semester / Ujian
Nasioanl
§
Membuat Leger Nilai
§
Membuat Grafik Ketuntasan Hasil Belajar
§
Membuat Grafik Daya Serap
§
Membuat Grafik Target Kurikulum
§
Membuat Grafik Hasil Ujian Nasional
§
Daftar Keterlaksanaan Kurikulum Nasional/KTSP
§
Catatan Daya Serap Kurikulum Nasional/KTSP
§
Daftar Keterlaksanaan Kurikulum Mulok
§
Daya Serap Kurikulum Mulok
Administrasi
Pendukung KBM meliputi setidaknya :
1. Daftar Pelajaran
2. Daftar Piket
3. Daftar Kehadiran Siswa
4. Grafik Absen Siswa
5. Papan Absen Siswa
6. Buku Inventaris Kelas
7. Buku Kemajuan Kelas / Daftar Kelas
8. Notulen Rapat
9. Buku Tamu (khusus orangtua)
10. Buku Petunjuk Nasehat
11. Tata Tertib Siswa
12. Denah Kelas
13. Daftar Kebersihan dan Kerapian Kelas (8 K)
14. Buku Penerimaan Rapot
1. Daftar Pelajaran
2. Daftar Piket
3. Daftar Kehadiran Siswa
4. Grafik Absen Siswa
5. Papan Absen Siswa
6. Buku Inventaris Kelas
7. Buku Kemajuan Kelas / Daftar Kelas
8. Notulen Rapat
9. Buku Tamu (khusus orangtua)
10. Buku Petunjuk Nasehat
11. Tata Tertib Siswa
12. Denah Kelas
13. Daftar Kebersihan dan Kerapian Kelas (8 K)
14. Buku Penerimaan Rapot
Perangkat
Pembelajaran dan Keterlaksanaannya meliputi setidaknya :
1. Ketersediaan Kurikulum Nasional/KTSP
2. Ketelaksanaan Kurikulum Nasional/KTSP
3. Daya Serap Kurikulum Nasional
4. Ketersediaan Kurikulum Mulok
5. Keterlaksanaan Kurikulum Mulok
6. Daya Serap Kurikulum Mulok
7. Daftar Koleksi Alat Peraga
8. Kalender Pendidikan
9. Program Semester
10. Batas Pelajaran
11. Kisi-Kisi dan Soal Tes
12. Daftar Nilai Harian
13. Buku Analisis Hasil Tes
14. Buku Perbaikan Dan Pengayaan
1. Ketersediaan Kurikulum Nasional/KTSP
2. Ketelaksanaan Kurikulum Nasional/KTSP
3. Daya Serap Kurikulum Nasional
4. Ketersediaan Kurikulum Mulok
5. Keterlaksanaan Kurikulum Mulok
6. Daya Serap Kurikulum Mulok
7. Daftar Koleksi Alat Peraga
8. Kalender Pendidikan
9. Program Semester
10. Batas Pelajaran
11. Kisi-Kisi dan Soal Tes
12. Daftar Nilai Harian
13. Buku Analisis Hasil Tes
14. Buku Perbaikan Dan Pengayaan
2.2 TUGAS POKOK
DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG KESISWAAN
1) Menyusun
program pembinaan kesiswaan/OSIS
2) Menegakkan Tata
Tertib Sekolah
3) Melaksanakan
bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka
menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
4) Membina dan
melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, Kerindangan,
keindahan, dan kekeluargaan(6K)
5) Memberi
pengarahan dan penilaian dalam pemilihan pengurus OSIS
6) Melakukan
pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
7) Bekerjasama
dengan para pembina kegiatan kesiswaan dalam menyusun program dan jadwal
pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
8) Melaksanakan
pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerimaan siswa baru.
9) Mengadakan
pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah.
10) Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan
secara berkala
11) Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah
dengan orang tua murid
12) Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan
siswa penerima beasiswa
Administrasi Kesiswaan
1. Buku Penerimaan Peserta Didik Baru
2. Daftar Angka Pendaftaran Siswa
3. Daftar Kenaikan Kelas
4. Daftar Angka Mengulang (AM)
5. Daftar Angka Putus Sekolah (APS)
6. Daftar Prosentase Kelulusan
7. Grafik Penerimaan Siswa Baru
8. Grafik Peserta US/UN
9. Grafik Jumlah Siswa
10. Buku Absen Umum Siswa
11. Daftar Tingkat Kehadiran Siswa
12. Program dan Kegiatan Pramuka
13. Program dan Kegiatan Keagamaan
14. Program dan Kegiatan Olah Raga Prestasi
15. Program dan Pelayanan UKS
16. Program dan Pelayanan Perpustakaan
17. Program OSIS
1. Buku Penerimaan Peserta Didik Baru
2. Daftar Angka Pendaftaran Siswa
3. Daftar Kenaikan Kelas
4. Daftar Angka Mengulang (AM)
5. Daftar Angka Putus Sekolah (APS)
6. Daftar Prosentase Kelulusan
7. Grafik Penerimaan Siswa Baru
8. Grafik Peserta US/UN
9. Grafik Jumlah Siswa
10. Buku Absen Umum Siswa
11. Daftar Tingkat Kehadiran Siswa
12. Program dan Kegiatan Pramuka
13. Program dan Kegiatan Keagamaan
14. Program dan Kegiatan Olah Raga Prestasi
15. Program dan Pelayanan UKS
16. Program dan Pelayanan Perpustakaan
17. Program OSIS
2.3 TUGAS POKOK
DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG SARANA DAN PRASARANA
1. Menyusun rencana
kebutuhan sarana dan prasarana
2. Inventaris
barang-barang
3. Pengelolaan biaya
pemeliharaan sarana dan prasarana
4. Inventaris
kebutuhan guru dalam KBM/PBM
5. Pendayagunaan
sarana/ prasarana termasuk mendistribusikan alat-alat kebutuhan KBM guru dan
siswa
6. Memelihara dan
mengamankan sarana / prasarana termasuk mendistribusikan (pengamanan,penghapusannya
serta pengembangannya)
7. Mengelola dan
mengadakan koordinasi dalam hal pengadaan sarana/ prasarana dengan
bagian/bidang yang ada hubungannya dengan pendanaan/ keuangan
8. Mengadministrasikan
pendayagunaan sarana prasarana
9. Menyusun laporan
pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkal
10. Menerima laporan
dari wali kelas tentang keadaan sarana di kelas dan melakukan koordinasi dengan
pihak sekolah
11. Menyiapkan sarana
prasarana untuk kegiatan sekolah baik rutin maupun insidental
12. Kreatif dan inovatif
terhadap pengembangan dan pengadaan sarana dan prasarana
Administrasi Sarana Prasarana
1. Buku Inventaris
2. Buku Berita Acara Penghapusan/Serah Terima
Barang
3. Papan Visi, Misi dan Moto
4. Papan NSS Dan Akreditasi
5. Papan Nama Sekolah
6. Papan Nama Kantor, Kelas , Perpustakaan,
Lab., WC, dll
7. Kartu Inventaris Ruangan
8. Surat Kepemilikan Lahan (Sertifikat Tanah)
9. Ketersediaan Bangunan / Ruangan
10. Daftar Peralatan / Labor / Media
11. Daftar Buku Teks Berbanding Siswa
12. Daftar Peralatan Sarana Olah Raga
2.4 TUGAS POKOK
DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG HUMAS
1. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan
sekolah dengan orang tua / wali siswa
2. Membina hubungan antara sekolah dengan Komite
Sekolah
3. Menjalin hubungan dengan warga besar sekolah
4. Menjalin hubungan dengan masyarakat luar /
masyarakat sekitar
5. Menyusun laporan pelaksanaan hubungan
masyarakat secara berkala
6. Membina pengembangan hubungan antara sekolah
dengan masyarakat sekitar Lembaga pemerintah, dunia usaha dan lembaga-lembaga
social
7. Membantu Komite Sekolah dalam hal pengelolan
sumber daya dana yang dikumpulkan Komite Sekolah
8. Menyelenggarakan/mengkoordinir pelaksanaan
upacara hari Nasional baik disekolah maupun diluar sekolah dengan urusan kesiswaan
9. Aktif membantu wali kelas dan guru BK dalam
menangani kasus-kasus masalah siswa diluar
10. Melaksanakan tugas pengawasan harian/piket
secara bergiliran
11. Mengadakan koordinasi dalam pelaksanaan tugas
dengan semua guru, wali kelas
12. Menyusun jadwal giliran guru/orang yang
ditunjuk Pembina upacara setiap hari senin
Administrasi Kehumasan :
1. Membuat Jurnal Kegiatan Sekolah dengan
Masyarakat, Lembaga, Instansi Pemerintah/Swasta dan lain – lain.
2. Membuat Koleksi Foto Kegiatan Sekolah
3. Penanggung Jawab Kegiatan diluar Sekolah
4. Mengunjungi Rumah Siswa yang dianggap perlu
5. Memonitor Kegiatan Siswa diluar sekolah
6. Melakukan Koordinasi dengan Komite Sekolah
dan lain – lain.
3. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI KOORDINATOR BP / BK
1) Menyusun program
dan melaksanakan kegiatan bimbingan terhadap siswa
2) Membantu guru
dan wali kelas dalam menghadapi kasus anak
3) Membuat kartu
pribadi siswa yang berisi tentang catatan-catatan keadaan siswa
4) Membuat program
bimbingan psikologi
5) Menyusun dan mengarsip
data kasus murid (konseling)
6) Memberikan
penjelasan bersama dengan Kepala Sekolah tentang program dan tujuan bimbingan
kepada Wali Murid
7) Membantu Wali
Murid dalam memberikan layanan psikolog tentang perkembangan putra-putrinya
8) Koordinasi dengan
Wali Kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan
belajar.
9) Melaksanakan
koordinasi dengan wali kelas dan guru dalam menilai siswa bila terjadi
pelanggaran yang dilakukan siswa.
10) Memberikan layanan
bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar.
11) Menginventarisir
masalah-masalah siswa sekaligus membantu memecahkan masalah tersebut bekerja
sama dengan Wali Kelas
12) Penyusunan
dan pemberian saran serta pertimbangan pemilihan jurusan
13) Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh
gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan
14) Mengadakan penilaian pelaksanaan BP/BK
15)
Memegang rahasia kepada umum terhadap kasus siswa yang telah dikonseling untuk
menjaga harkat dan martabat siswa yang bersangkutan
16)
Menangani/memproses siswa yang terlambat datang ke sekolah sekaligus memberikan
tugas kepada siswa tersebut yang bersifat mendidik bekerja sama dengan Wakasek
dan Guru Piket
17)
Membuat surat pemanggilan kepada orangtua/ wali siswa bagi siswa yang
bermasalah
18) Melaksanakan home visit kepada siswa/orang tua siswa
yang
bermasalah setelah ditangani oleh wali kelas melalui home
visit sebelumnya dan tidak ada perubahan
19) Menyusun statistik hasil penilaian BP/BK
20) Menyusun dan melaksanakan program
tindak lanjut bimbingan dan konseling
21) Menyusun dan memberikan laporan pelaksanaan BK kepada
Kepala Sekolah secara berkala
4. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI PEMBINA KESISWAAN
1) Berkoordinasi
dengan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dalam menyusun program kerja kegiatan
2) Memberikan
salinan program kerja yang sudah dibuat kepada :
2.1 Waka. Bidang Kesiswaan
2.2 Tata Usaha Urusan kesiswaan sebagai arsip
3) Membina siswa
dalam proses berfikir menuju ke arah kedewasaan yang sesuai dengan program dan
bidang masing-masing
4) Membantu siswa
dalam melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan minat, bakat
dan kemampuan yang dimiliki peserta didik
5. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI WALI KELAS
Wali kelas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan sebagai
berikut :
1) Pengelolaan
kelas
2) Menyelenggarakan
administrasi kelas meliputi :
2.1. Denah tempat duduk
2.2. Papan absen
2.3. Daftar pelajaran
2.4. Daftar piket kelas
2.5. Buku absen siswa
2.6. Buku kegiatan pembelajaran / jurnal
2.7. Tata tertib
2.2. Papan absen
2.3. Daftar pelajaran
2.4. Daftar piket kelas
2.5. Buku absen siswa
2.6. Buku kegiatan pembelajaran / jurnal
2.7. Tata tertib
3) Menyusun pembuatan
statistik bulanan (absen)
4) Mengisi Leger
5) Membuat
catatan khusus
6) Mengisi hasil
nilai/hasil belajar siswa ke buku DKN
7) Mengisi dan
membagi rapor
8) Membina siswa
binaan didiknya dengan sebaik-baiknya
9) Membantu
kelancaran proses belajar mengajar siswa di kelasnya.
10) Mengetahui
identitas, nama dan jumlah siswa di kelasnya.
11) Mengetahui,
memahami dan mengambil tindakan-tindakan yang berkaitan dengan masalah-masalah yang timbul di kelasnya.
12) Melakukan home
visit terhadap siswa yang bermasalah dan melaporkan perkembangannya kepada guru
BP.
13) Bekerja
sama dengan guru BP dalam memecahkan masalah yang dihadapi siswa dan apabila
dipandang perlu mengadakan hubungan dengan orangtua/wali murid dalam rangka
pembinaan siswa kelasnya.
14) Melaksanakan
tugas penilaian kognitif, psikomotor dan afektif siswa terutama terhadap budi
pekerti, kelakuan dan kerajinan siswa di kelasnya.
15) Mengawasi,
memonitor serta menyampaikan laporan kepada Kepala Sekolah secara berkala
melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan mengenai pembinaan kelasnya (2 bl.
sekali).
16) Turut
bertanggung jawab dalam kelancaran pelaksanaan Upacara Bendera.
17) Koordinasi
dengan Waka. Bidang Kesiswaan, Tata Usaha Urusan kesiswaan, BP, untuk siswa
pindahan/mutasi karena sesuatu dan lain hal (ketidak hadiran) prestasi rendah dan lain-lain.
6. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI GURU PIKET
1) Hadir 10 menit
sebelum jam pelajaran pertama dimulai dan membunyikan bel tanda masuk tepat
pukul 07.10 WIB.
2) Mengisi buku
piket
3) Memeriksa
pakaian seragam siswa dan kerapihannya sebelum masuk pintu gerbang sekolah.
4) Menutup pintu
gerbang tepat pukul 07.20 WIB, melalui bagian keamanan.
5) Memberikan
tugas kepada siswa apabila ada guru yang berhalangan hadir karena sesuatu dan
lain hal
6) Meningkatkan
dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, Kerindangan,
keindahan, dan kekeluargaan (6K).
7) Mengadakan
pendataan/mengisi buku piket sesuai dengan hari tugasnya.
8) Mencatat siswa
yang masuk terlambat dan memberikan surat ijin masuk apabila masih sesuai
dengan tata tertib
9) Mengawasi
berlakunya tata tertib siswa-siswi, secara langsung pada waktu jam pelajaran
berlangsung dan berkeliling ke kelas-kelas untuk mendata kehadiran siswa pada
hari itu
10) Bertanggung
jawab atas pelaksanaan dan tertibnya upacara bendera bagi yang tugas piket pada
hari Senin/peringatan hari-hari nasional.
11) Melaporkan
kejadian yang bersifat khusus kepada guru BP/BK, Wakil Kepala Sekolah Bidang
Kesiswaan untuk diproses dan diselesaikan bersama-sama dengan wali kelas.
12) Memberikan izin
kepada siswa untuk meninggalkan sekolah setelah memperoleh izin dari guru kelas
secara tertulis.
7. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI GURU SECARA UMUM
1 ) Membuat program
pengajaran :
1.1 Analisa materi pelajaran (AMP)
1.2 Program Tahunan (Prota)
1.1 Analisa materi pelajaran (AMP)
1.2 Program Tahunan (Prota)
1.3 Program Semester (Promes)
1.3 Program Satuan Pelajaran (PSP)
1.4 Program Rencana Pengajaran (RPP)
1.5 Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
1.3 Program Satuan Pelajaran (PSP)
1.4 Program Rencana Pengajaran (RPP)
1.5 Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
2) Melaksanakan
kegiatan pembelajaran
3) Meningkatkan penguasaan
materi pelajaran yang menjadi tanggungjawabnya
4) Memilih metode
yang tepat untuk menyampaikan materi
5) Melaksanakan KBM
6) Menganalisa
hasil evaluasi KBM
7) Mengadakan
pemeriksaan, pemeliharaan, dan pengawasan ketertiban, keamanan, kebersihan,
keindahan, dan kekeluargaan
8) Melaksanakan
kegiatan penilaian (semester/tahun)
9) Meneliti daftar
hadir siswa sebelum memulai pelajaran
10) Membuat
dan menyusun lembar kerja (Job Sheet)
11) Melakukan
dan menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
12) Mengevaluasi
dan Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa.
13) Mengikuti
perkembangan kurikulum.
14)Mengadakan
pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
15) Mengumpulkan
dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya, bekerja sama dengan
Wakil Kepala Sekolah
16) Membuat/
memberikan laporan kepada Kepala Sekolah secara periodik
8. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI KOORDINATOR GURU MATA PELAJARAN
1. Bertanggungjawab atas :
a. Terlaksananya pertemuan MGMP intern sekolah minimal
sebulan sekali.
b. Penyusunan program dan pengembangan MGMP mata pelajaran sejenis.
b. Penyusunan program dan pengembangan MGMP mata pelajaran sejenis.
c. Penyusunan program pengajaran :
1. Analisis Materi Pelajaran.
2. Program Tahunan (Prota)
3. Program Semester (Promes)
4. PSP
5. RPP
2. Program Tahunan (Prota)
3. Program Semester (Promes)
4. PSP
5. RPP
2. Mengkoordinasikan
penyusunan naskah soal Ulangan Harian.
3. Mengkoordinir
pembuatan dan mengumpulkan analisis Ulangan Harian, Rekap daya serap dan
ketuntasan belajar dan target kurikulum untuk selanjutnya diserahkan ke bidang
kurikulum.
4. Membantu
mengkoordinir Ulangan Harian dalam pelaksanaan UH,ketika mata pelajarannya
diujikan.
5. Mengadakan
monitoring Ulangan Harian pelaksanaan program perbaikan dan remidial mata
pelajaran sejenis.
6. Mengadakan
evaluasi Ulangan Umum Semester (UUS) dan KBM tiap semester.
- TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA URUSAN TATA USAHA
Kepala Tata Usaha bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah
dan mempunyai tugas pelaksanaan ketatausahaan sekolah meliputi :
1) Menyusun
program tata usaha sekolah
2) Pengelolaan
keuangan sekolah
3) Mengatur
segala sesuatu yang terkait dengan penyediaan keperluan sekolah
4) Melaksanakan
penyelesaian kegiatan penggajian guru/pegawai, laporan bulanan, rencana
keperluan perlengkapan kantor/sekolah dan rencana belanja bulanan
5) Menyusun
administrasi pegawai, guru dan siswa
6) Menginventaris
seluruh data.
7) Membukukan
surat keluar dan masuk
8) Mengajukan
usulan kenaikan pangkat guru
9) Pembinaan
dan pengembangan karier pegawai tata usaha sekolah
10) Menyusun
administrasi perlengkapan sekolah
11) Menyusun dan menyajikan data / statistik sekolah
12) Meningkatkan dan melaksanakan koordinasi
keamanan, kebersihan, ketertiban,
kerindangan,
keindahan, dan kekeluargaan (6K).
13) Menyusun
laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan Ketatausahaan secara berkala
14) Bertanggungjawab
terhadap kelancaran tugas operasional sekolah Administrasi Personal Tata Usaha
Mengadakan
administrasi sekolah dengan sebaik-baiknya yang meliputi :
1) Progam Kerja Kepala Sekolah
2) RAPBS
3) Kalender Pendidikan
4) Daftar Pembagian Tugas
5) Struktur Organisasi Sekolah
6) Jadwal Pelajaran
7) Peraturan Tata Tertib Guru dan Tata Usaha
8) Acara kerja Kepala Sekolah
9) Jadwal Guru Piket
10) Buku Piket
11) Buku Pembinaan
12) Himpunan Hasil supervisi
13) Buku Pengumuman
14) Buku Notula Rapat
15) Buku Tamu Umum dan Khusus
16) Dokumen Pendirian sekolah
17) Daftar hadir guru, tenaga teknis kependidikan
dan tenaga tata usaha
18) Form monitoring kegiatan 6 K di sekolah
19) Program satuan pelajaran, perangkat KBM lainnya
untuk proses belajar mengajar tatap muka dikelas
20) Buku agenda surat keluar / masuk
10. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI TATA USAHA – BENDAHARA
1) Menerima RAPBS setiap awal awal tahun ajaran baru
2) Membuat perencanaan anggaran bulanan dan tahunan
3) Mengelola sumber dana dan pengeluarannya
4) Membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan
5) Membuat usulan gaji karyawan
6) Membayarkan gaji guru dan karyawan
11. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI TATA USAHA – PDM / PENTOR
1) Menerima pembayaran dana SPP atau sumber lain
dari siswa
2) Menyetor dana SPP atau sumber lain ke bendahara
12. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI PUSTAKAWAN SEKOLAH
1) Perencanaan program kerja perpustakaan
2) Pengurusan pelaksanaan perpustakaan
3) Perencanaan pengembangan perpustakaan
4) Pemeliharaan dan perbaikan buku perpustakaan
5) Penyimpanan buku-buku perpustakaan
6) Melaksanakan inventarisai perpustakaan
7) Melayani pemakai perpustakaan
8) Mengatur dan menata perpustakaan
9) Menyeleksi pembelian buku
10) Mengusahakan pengadaan buku baru
11) Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan
perpustakaan
12) Menjaga dan melaksanakan kegiatan keamanan,
kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan
13. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI LABORAN
1) Sebagai
penanggung jawab atas Laboratorium
2) Membantu
mempersiapkan ruang laboratorium
3) Mempersiapkan
ruang laboratorium
4) Melakukan
pemeliharaan dan penyimpanan alat-alat praktik
5) Mengadakan
pengawasan terhadap pelaksanaan praktik
6) Mengadakan
penyusunan laporan keadaan alat praktik
7) Menerima,
memeriksa dan meneliti alat-alat yang telah dikembalikan oleh guru
8) Mengetahui
kegunaan dan cara kerja setiap peralatan yang menjadiwewenangnya
9) Melaporkan
alat rusak, hilang kepada Kepala Sekolah
10) Menjaga dan
melaksanakan kegiatan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan
kekeluargaan
11) Membuka daftar
skala prioritas kebutuhan untuk kelancaran praktikum
14. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI PESURUH SEKOLAH
1) Melaksanakan
tugas kebersihan
2) Menyediakan
makan/minum untuk Kepala Sekolah dan Tamu Sekolah
3) Meminta
dan menerima tugas dari kepala sekolah
4) Membantu
menyediakan kebutuhan barang-barang yang diperlukan Kepala Sekolah
5) Melakukan
tugas belanja makan/minum, foto copy, mengantar surat dan tugas sejenis lainnya
6) Mengecek
ketersedian air minum, teh, gula dan kopi setiap hari.
7) Memelihara
dan menjaga barang-barang milik sekolah
15. TUGAS POKOK
DAN FUNGSI PENJAGA SEKOLAH
1) Melaksanakan tugas pengamanan sekolah
2) Memonitor lingkungan sekolah sebanyak 3 (tiga) kali :
2.1 Setelah bel masuk dibunyikan, petugas berkeliling
sekolah untuk
memastikan bahwa seluruh siswa sudah masuk kelas
2.2 Setelah bel istirahat berakhir, petugas berkeliling
sekolah untuk
memastikan bahwa seluruh siswa sudah masuk kelas
2.3 Setelah bel pulang, petugas berkeliling sekolah
untuk terakhir kali
Untuk memastikan bahwa kondisi lingkunan sekolah aman
3) Mengawasi dan menjaga keamanan lahan parkir
sekolah
4) Memelihara dan menjaga barang-barang milik
sekolah
5) Bekerjama dengan dinas terkait apabila ada
masalah keamanan yang tidak dapat dilakukan secara internal atau sudah terjadi
perbuatan melanggar hukum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar