RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan
Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Menjelaskan
hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian "Al"
Syamsiyah, "Al" Qamariyah dan menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah maupun Qamariyah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian "Al" Syamsiyah
- Pengertian "Al" Qamariyah
- Huruf-huruf
Syamsiyah
- Huruf-huruf Qamariyah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya
mengenai ilmu tajwid.
- Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap
kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam
Qamariyah.
2).
Elaborasi
·
Guru
memberi penjelasan singkat mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah
3) Konfirmasi
·
Siswa
mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf syamsiyahd an qamariyah
dalam kelompok masing-masing.
·
Siswa Siswa Sugi dan Siswa berdiskusi dan
mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah,
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing,
guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo
Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP
PAI
·
Mushaf
Al-Qur’an
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah
§
Menyebutkan
contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
§
Menunjukkan
contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah
|
Tes tertulis
|
Tes isian
|
§
Jelaskan
pengertian “Al” Syamsiyah !
§
Sebutkan
huruf-huruf syamsiyah !
§
Jelaskan
pengertian “Al” Qamariyah !
§
Sebutkan
huruf-huruf qamariyah!
§
Apakah
arti lafal syamsiyah?
§
Apakah
arti lafaz qamariyah?
§
Mengapa
“Al” Syamsiyah disebut juga idgham syamsiyah?
§
Mengapa
“Al” Qamariyah disebut juga izhar qamariyah?
|
Lembar Instrumen Penilaian
No
|
Nama
|
Soal/Portofolio
|
Skor
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar